Syarat dan Ketentuan Transmedika

Syarat dan Ketentuan Transmedika

Dalam Syarat dan Ketentuan Umum (“PERJANJIAN”) ini, kecuali jika ditentukan lain menurut kalimatnya, ungkapan-ungkapan di bawah ini akan memiliki arti sebagai berikut:


1. Definisi

  1. Aplikasi Transmedika adalah aplikasi yang berfungsi sebagai sarana konsultasi kesehatan dan informasi terkait kesehatan berbasis ponsel (mobilephone) melalui fasilitas percakapan video, percakapan suara, maupun teks; termasuk layanan melalui konsultasi web.

  2. Penyedia Aplikasi / Penyedia Layanan adalah perusahaan pengelola layanan "Aplikasi Transmedika" yaitu PT Sentra Giri Makmur yang berdomisili di Jalan Dr. Makaliwe Raya No.16 B, Grogol, Jakarta Barat

  3. Dokter di Transmedika adalah dokter yang menyediakan jasa konsultasi untuk “Pengguna Aplikasi” melalui jasa konsultasi video konferensi, pembicaraan telepon dan percakapan melalui teks.

  4. User / Pengguna Aplikasi adalah individu yang memiliki hak mengadakan konsultasi kesehatan dengan dokter yang disediakan oleh “Aplikasi Transmedika”.

  5. Perkiraan diagnosis adalah hasil dugaan diagnosis yang diambil hanya berdasarkan keluhan dan gejala hasil konsultasi yang disampaikan oleh Pengguna Aplikasi kepada dokter. Dalam hal ini diakui keterbatasan dan hasil perkiraan perlu dilakukan konfirmasi dengan pemeriksaan fisik oleh dokter secara langsung (Hands On) atau pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Perkiraan diagnosis bukan diagnosis pasti atau diagnosis sementara atau diagnosis kerja. Perkiraan diagnosis tidak dapat menggantikan diagnosis sementara atau diagnosis pasti atau diagnosis kerja.

  6. Estimasi Kesembuhan adalah perkiraan perbaikan kondisi atau kesembuhan “Pengguna Aplikasi” berdasarkan pada keilmuan dan teori sesuai dengan kondisi yang ada hanya berdasar pada hasil konsultasi yang disampaikan oleh Pengguna Aplikasi kepada dokter. Terjadinya perkembangan atau perubahan sangat dimungkinkan dalam sebuah keadaan penyakit atau kondisi dan bukan menjadi tanggung jawab Dokter Mitra Transmedika maupun “Penyedia Aplikasi”.

  7. Rekomendasi obat adalah saran pemberian obat hanya untuk pertolongan pertama, pertolongan sementara atau hanya mengurangi gejala. Bukan terapi definitif atau tidak bisa menggantikan terapi utama. Obat yang disarankan merupakan obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter secara umum.

  8. Akun berarti akun yang dibuka oleh "Pengguna Aplikasi" untuk mendapatkan layanan “Aplikasi Transmedika”.

  9. Pemegang Akun berarti orang perorangan, perusahaan, firma, kemitraan, perhimpunan masyarakat, departemen pemerintah atau badan usaha lain yang telah menandatangani perjanjian dengan Transmedika yang mengaktifkan "Pengguna Aplikasi" dan Layanan yang akan digunakan.

  10. Kegagalan koneksi adalah kondisi dimana terjadi kegagalan interaksi antara Dokter di aplikasi Transmedika dengan Pemegang Akun yang diakibatkan oleh cuaca, keberadaan signal atau pihak ketiga yaitu penyedia layanan telekomunikasi.

  11. Informasi Rahasia adalah setiap informasi yang telah ditentukan secara tertulis bersifat rahasia atau terbatas atau, jika diberikan secara lisan, harus segera dikonfirmasi secara tertulis bahwa informasi tersebut diungkapkan sebagai informasi rahasia atau terbatas atau dengan cara lainnya oleh Pihak Pemberi Informasi kepada Pihak Penerima Informasi dan, termasuk setiap Data Pribadi sebagaimana didefinisikan dalam Perjanjian ini, semua informasi Pemesan (termasuk pola konsultasi, rincian, jumlah, waktu konsultasi atau durasi konsultasi), rincian (termasuk rincian kontak, nomor telepon, konfigurasi jaringan, informasi lokasi, nama tagihan, jumlah tagihan, riwayat kredit dan rincian pembayaran lainnya).

  12. Hak Kekayaan Intelektual adalah semua Hak Kekayaan Intelektual tidak terbatas pada hak atas paten, rahasia dagang, merek jasa, nama dagang, desain terdaftar, hak cipta, dan bentuk kekayaan intelektual atau kekayaan industrial lainnya, pengetahuan, penemuan, rumusan, proses rahasia atau terbatas, dan setiap hak dan aset yang dilindungi lainnya dan setiap lisensi dan perizinan sehubungan dengannya, yang dapat tiap-tiap halnya di seluruh bagian dunia dan baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar atau yang dapat didaftarkan maupun tidak dan selama jangka waktu sepenuhnya, dan semua perpanjangan dan pembaharuannya, dan semua permohonan pendaftaran sehubungan dengan yang disebutkan sebelumnya.

2. Persyaratan

  1. Perjanjian terikat berdasarkan hukum Republik Indonesia bahwa untuk menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi telah berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian. Jika ketentuan ini dilanggar oleh Pengguna Aplikasi, maka Penyedia Aplikasi berhak membatalkan PERJANJIAN.

  2. Anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun diwajibkan meninjau PERJANJIAN ini bersama orang tua atau wali hukum mereka untuk memastikan bahwa anak dan orang tua atau wali hukum tersebut cakap hukum untuk memahaminya. Pengguna Aplikasi yang dengan sengaja memalsukan/menduplikasikan identitas akun saat menggunakan aplikasi, maka apabila terjadi masalah atau sengketa di masa mendatang, Penyedia Layanan dibebaskan dari segala tuntutan ataupun ganti rugi dan juga berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diduga terjadi tindakan kecurangan dari Pengguna Aplikasi yang merugikan Penyedia Aplikasi.

  3. Bila Pengguna Aplikasi mendaftarkan atas nama suatu badan hukum, Pengguna Aplikasi juga menyatakan bersedia mengikatkan badan hukum tersebut pada PERJANJIAN ini.

  4. Pengguna Aplikasi diwajibkan membaca dan memahami semua persyaratan dan ketentuan dalam PERJANJIAN ini sebelum menggunakan fasiltias layanan Aplikasi Transmedika. Dengan menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan dalam PERJANJIAN untuk menggunakan dan menerima layanan serta akses atas seluruh isi dan fasilitas layanan yang terdapat dalam Aplikasi Transmedika.

  5. PERJANJIAN ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia dan Pengguna Aplikasi diwajibkan tunduk kepada semua peraturan yang berlaku di Indonesia. PENYEDIA berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menghapus dan untuk menerapkan syarat dan ketentuan baru dalam revisi PERJANJIAN ini.

  6. Semua pengguna Aplikasi Transmedika wajib untuk membaca dengan seksama semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam dokumen syarat dan ketentuan ini sebelum menggunakan Aplikasi Transmedika dan fitur-fitur didalamnya. Bagi Pengguna yang tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini maka Pengguna diharapkan untuk tidak menggunakan Aplikasi Transmedika dan fitur-fiturnya. Bagi semua pengguna yang sudah membaca dokumen ini dan menggunakan Aplikasi Transmedika dan fitur-fiturnya maka secara langsung Pengguna menyetujui untuk tunduk atas semua syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini.

  7. Syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini dapat diubah atau diperbaharui oleh Transmedika atau Transmedika Indonesia tanpa sebelumnya memberitahukan kepada Pengguna. Pada saat terdapat pembaharuan atau perubahan atas syarat dan ketentuan, maka syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang semua syarat dan ketentuan yang tertulis pada dokumen terbaru. Oleh karena itu, Pengguna berkewajiban untuk terus memperbaharui informasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan secara rutin membuka halaman dokumen syarat dan ketentuan pada Transmedika. Apabila Pengguna tetap menggunakan Transmedika dan fitur-fiturnya maka secara langsung pengguna sudah menyetujui untuk tunduk pada perubahan atas syarat dan ketentuan.

3. Layanan Aplikasi

Aplikasi Transmedika menyediakan layanan konsultasi kepada Pengguna Aplikasi melalui fasilitas yang melekat sebagai berikut:

Konsultasi Dokter Umum. Fasilitas ini memungkinkan Pengguna Aplikasi melakukan hubungan langsung dengan Dokter Umum di Aplikasi Transmedika. Dokter yang disediakan untuk konsultasi dokter umum adalah adalah tenaga medis yang diperkenankan untuk melakukan konsultasi medis tanpa harus spesifik memiliki spesialisasi tertentu, hal ini memungkinkan untuk berkonsultasi tentang masalah-masalah kesehatan Pengguna Aplikasi secara umum untuk segala usia.

4. Ketentuan Umum

  1. Pengguna Aplikasi Transmedika wajib mengetahui bahwa setiap informasi dalam bentuk apapun, termasuk tidak terbatas pada video, audio, gambar atau tulisan yang ada dalam Aplikasi Transmedika memiliki hak cipta dan hak atas kekayaan intelektual masing-masing.

  2. Pengguna Aplikasi diwajibkan untuk menghormati hak pencipta dan/atau pemegang hak cipta tersebut sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saat mengakses dan menggunakan Layanan Aplikasi termasuk setiap fasilitas dan layanannya,

  3. Pengguna Aplikasi tidak diperkenankan:

    1. Mengalihkan Akun Pengguna Aplikasi kepada pihak lain tanpa persetujuan Penyedia Aplikasi, menyebarkan virus, spam atau teknologi sejenis lainnya yang dapat merusak dan/atau merugikan Aplikasi Transmedika.
    2. Memasukkan atau memindahkan fitur pada Aplikasi Transmedika tanpa persetujuan dari Penyedia Aplikasi.
    3. Menempatkan informasi atau aplikasi lain yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain di dalam Aplikasi Transmedika. Mengambil atau mengumpulkan data pribadi dari Pengguna Aplikasi lain, termasuk alamat email, tanpa persetujuan Pengguna Aplikasi tersebut. Menggunakan Aplikasi Transmedika untuk tujuan pelanggaran hukum. Menggunakan Aplikasi Transmedika untuk mendistribusikan iklan atau materi lainnya yang tidak diinginkan.

  4. Dengan melanjutkan pemakaian Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui ketentuan Aplikasi Transmedika tentang Kebijakan Privasi yang mengatur tentang pengisian informasi pribadi masing-masing Pengguna Aplikasi ke dalam Aplikasi Transmedika. Pengguna Aplikasi juga dianggap memahami bahwa Penyedia Aplikasi mempunyai hak untuk sewaktu-waktu menambah, menghapus serta mengubah ketentuan- ketentuan dari Kebijakan ini.

  5. Dengan melanjutkan pemakaian Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi mengetahui dan menyetujui bahwa tarif yang tercantum pada Aplikasi Transmedika sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan, dimana perubahan atas tarif tersebut akan dicantumkan sebelum Pengguna Aplikasi menggunakan Aplikasi Transmedika.

  6. Semua Pengguna Aplikasi Transmedika wajib mematuhi semua tata peraturan yang berlaku termasuk perundang-undangan yang mengatur informasi dan transaksi elektronik.

  7. Semua Pengguna Aplikasi bertanggung jawab atas semua konten yang diunggahnya. Semua Pengguna Aplikasi diharapkan untuk tidak membagikan informasi-informasi pribadi kepada pengguna lainnya atau menayangkan informasi-informasi pribadi dalam konten yang diunggah karena Penyedia Layanan TIDAK bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi-informasi tersebut akibat tindakan Pengguna Aplikasi,

  8. Semua Pengguna Aplikasi wajib menjujung tinggi etika berinternet dan tidak melakukan tindakan-tindakan spamming, hoax, pornografi dan hal lainnya yang meresahkan Pengguna Aplikasi Transmedika lainnya.

  9. Semua Pengguna Aplikasi DILARANG untuk mengunggah/menyampaikan konten/hal yang menjelek-jelekan, menghina, tidak senonoh dan mencaci maki baik “Pengguna Aplikasi” lainnya atau entitas lain baik perseorangan, kelompok ataupun organisasi, konten yang melangar hak cipta milik orang lain, konten asusila dan pornografi, konten yang menyinggung SARA (Suku, Agama, dan antargolongan) yang dapat memicu konflik baik untuk Pengguna maupun entitas lain. Selama konsultasi di aplikasi, fitur rekam akan selalu aktif untuk perlindungan pasien dan dokter. Jika ada pelanggaran, “Penyedia Layanan” berhak untuk memblokir Akun Pengguna Layanan yang berbuat demikian.

  10. Seluruh konten kesehatan yang disajikan Penyedia Layanan adalah untuk keperluan informasi dan edukasi, BUKAN sebagai pengganti dari pemeriksaan tatap muka langsung dengan tenaga kesehatan professional, baik dalam hal penegakan diagnosis maupun penanganan kondisi penyakit yang ada. Untuk konfirmasi diagnosis, penanganan kondisi penyakit, Pengguna harus tetap memeriksakan diri ke dokter atau tenaga professional lainnya. Penyedia Layanan tidak menjamin kesembuhan Pengguna Aplikasi dan tidak bertanggung jawab atas memburuknya kondisi dan kematian Pengguna Aplikasi yang disebabkan oleh tindakan dan perilaku Pengguna Aplikasi itu sendiri.

  11. Adanya ketidaksepahaman antar dokter atau tenaga kesehatan professional lainnya yang pernah berkonsultasi dengan Pengguna Aplikasi dengan informasi kesehatan yang disajikan oleh Penyedia Layanan, maka Pengguna Aplikasi harus mengkomunikasikannya kembali kepada dokter atau tenaga kesehatan professional yang sedang menangani Pengguna Aplikasi karena informasi yang disajikan Penyedia Layanan TIDAK menggantikan proses pemeriksaan fisik langsung oleh dokter atau tenaga kesehatan professional lainnya. Oleh karenanya Penyedia Layanan berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan ataupun ganti rugi yang mungkin terjadi di masa mendatang oleh karena Pengguna Aplikasi yang tidak mengindahkan ketentuan ini.

  12. Konten yang diterbitkan oleh Penyedia Layanan dapat mengandung unsur seksual untuk kepentingan informasi dan edukasi kesehatan seksual. Konten ini tidak dimaksudkan pornografi dan pornoaksi.

  13. Pengguna Aplikasi dilarang untuk menyalin-tempel, menerbitkan, menayangkan semua konten kesehatan yang ada di Aplikasi Transmedika baik yang dapat diakses secara bebas maupun konten-konten yang aksesnya terbatas pada semua media selain Transmedika, baik media cetak maupun media digital ataupun media audio/video tanpa ijin atau kesepakatan tertulis sebelumnya dari pihak Transmedika. Adanya pelanggaran terhadap ketentuan ini, Transmedika berhak menuntut ganti rugi terhadap Pengguna Aplikasi yang melanggar dan akses Pengguna Aplikasi akan dibekukan secara permanen.

  14. Semua personel Transmedika WAJIB untuk merahasiakan semua informasi Pengguna Aplikasi dan DILARANG untuk membocorkan kerahasiaan ini kepada pihak manapun atas alasan apapun kecuali dalam hal keperluan penyidikan hukum.

5. Transaksi

  1. Penyedia Aplikasi memberikan ketentuan harga yang sudah disepakati oleh Pengguna Aplikasi sebagai biaya konsultasi dokter, dengan metode pembayaran melaui ke rekening milik Penyedia Aplikasi yang nilainya akan terlihat secara nyata setiap saat dan Pengguna Aplikasi bisa menambah nilai itu sewaktu-waktu.

  2. Pengguna Aplikasi dapat melakukan transaksi dengan metode pengisian sejumlah dana melalui akun yang dimiliki oleh Penyedia Layanan atas nama Pemegang Akun dan Penyedia Layanan memotong jumlah tertentu sesuai nilai yang terjadi atas suatu transaksi dengan kesepakatan yang terlihat pada Aplikasi Transmedika sebelum dilakukan pemotongan nilai dana yang dimiliki Pemegang Akun, Pengguna Aplikasi melalui perusahaan yang melakukan penanggungan biaya konsultasi juga bisa melakukan transaksi dengan mendaftarkan Pemegang Akun yang mengikat pada Akun perusahaan tertentu yang sudah bekerja sama dengan Penyedia Layanan.

  3. Pengguna Aplikasi yang menggunakan akun yang dibiayai oleh perusahaan/sponsor maka menyetujui bahwa hasil dari konsultasi yang dilakukan juga akan diketahui perusahaan/sponsor.

  4. Pengguna Aplikasi juga bisa melakukan metode pembayaran melalui pihak ketiga melalui kartu kredit dengan memberikan kepada pihak Penyedia Aplikasi informasi dan izin yang akan digunakan untuk memotong sesuai biaya Pengguna Aplikasi.

  5. Apabila Pengguna Aplikasi mencurigai adanya aktivitas yang tidak wajar sehubungan dengan akun Pengguna Aplikasi, Pengguna Aplikasi dapat segera menghubungi Penyedia Aplikasi agar Penyedia Aplikasi dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk melakukan penangguhan segala transaksi yang berasal dari Pemegang Akun. Penyedia Aplikasi juga dapat melakukan tindakan penangguhan transaksi tersebut secara mandiri berdasarkan identifikasi.

  6. Secara sistem perhitungan pembayaran konsultasi dinyatakan proses konsultasi adalah ketika pengguna telah terkoneksi dan melakukan komunikasi dengan dokter.

  7. Proses refund dapat disampaikan melalui Contact Us.

  8. Anda dapat mengajukan pengembalian dana (refund) kepada kami maksimal 10 hari terhitung dari tanggal pengajuan yang disampaikan dengan melakmpirkan bukti pendukung.

  9. Pengembalian dana (Refund) dapat dikembalikan ke sumber pembayaran yang sama.

6. Tanggung Jawab Penyedia

  1. Penyedia Aplikasi tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immateriil yang timbul dari pemakaian Aplikasi Transmedika oleh Pengguna Aplikasi, atau atas klaim apapun yang terkait dengan pemakaian Aplikasi Transmedika oleh Pengguna Aplikasi. Penyedia Aplikasi tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian atau kerugian langsung maupun tidak langsung yang disebabkan oleh interaksi antara para Dokter di Transmedika dengan Pengguna Aplikasi.

  2. Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau tindakan kriminal yang dilakukan oleh para Transmedika selama pelaksanaan Layanan. Dalam hal ini, Dokter hanyalah merupakan mitra kerja Penyedia Layanan, bukan pegawai, agen atau perwakilan Penyedia Layanan.

  3. Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atas setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam percakapan yang dilakukan oleh Pengguna Aplikasi dengan Dokter di Transmedika melaui fasilitas percakapan video, panggilan telepon maupun komunikasi dalam bentuk teks pada Aplikasi Transmedika, hal tersebut adalah konsultasi pribadi antara Pengguna Aplikasi dengan Dokter di Transmedika dan jelas diluar kuasa kendali Penyedia Layanan. Apabila di kemudian hari muncul permasalahan hukum mengenai isi dan/atau pernyataan-pernyataan dari percakapan antara Pengguna Aplikasi dengan Dokter dalam fasilitas tersebut, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna Aplikasi dan Pengguna Aplikasi membebaskan Penyedia Layanan dari segala tuntutan, dakwaan dan akibat hukum yang ada.

7. Aturan Keanggotaan

  1. Pengguna Aplikasi dapat memberikan informasi mengenai data pribadi dan riwayat kesehatan, dan Penyedia Layanan akan menyimpan serta menampilkannya dalam akun Pengguna Aplikasi. Kerahasiaan data Pengguna Aplikasi terjamin dan akan digunakan hanya untuk keperluan interaksi dengan Transmedika atau permintaan dari pengadilan atau pihak berwajib lainnya. Percakapan Pengguna Aplikasi dengan Dokter dalam Aplikasi Transmedika tersimpan secara otomatis dan disimpan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan. Dengan menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi mengetahui bahwa percakapan melalui fasilitas konsultasi video, pembicaraan telepon, maupun komunikasi melalui teks akan direkam dan Pengguna Aplikasi bersedia untuk direkam.

  2. Kerahasiaan data Pengguna Aplikasi terjamin dan informasi tidak akan disebar luaskan. Pengguna Aplikasi diwajibkan dan akan dianggap telah membaca, memahami, dan mematuhi Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang berlaku pada Aplikasi Transmedika. Pengguna Aplikasi diwajibkan memberi data informasi pribadi yang sebenarnya.

  3. Selain itu Pengguna Aplikasi juga diwajibkan memberi detail kontak yang sebenarnya. Penyedia Layanan berhak untuk tidak memproses registrasi Pengguna Aplikasi yang tidak memenuhi persyaratan atau yang dicurigai tidak memberikan informasi yang sebenarnya. Penyedia Layanan berhak untuk membatasi atau menghentikan Pengguna Aplikasi sebagai Pemegang Akun jika Penyedia Layanan memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Pengguna Aplikasi telah melanggar ketentuan dari PERJANJIAN ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Hak Atas Kekayaan Intelektual Penyedia

PT Sentra Giri Makmur adalah pemilik tunggal atas Nama, ikon, dan logo Transmedika serta fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya yang merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi undang-undang Republik Indonesia. Dilarang keras menggunakan, memodifikasi, atau memasang nama, ikon, logo, atau merek tersebut tanpa persetujuan tertulis dari Penyedia Layanan.

9. Pemberitahuan

Semua pemberitahuan atau permintaan informasi kepada atau tentang Penyedia Layanan akan diproses jika dibuat secara tertulis dan dikirimkan ke alamat Penyedia Layanan di: JL. Dr. Makaliwe Raya Nomor 16B, Grogol Pertamburan, Grogol, Jakarta Barat. Semua pemberitahuan dan/atau permintaan kepada atau tentang Pengguna Aplikasi akan diproses bila diserahkan langsung, dikirimkan melalui kurir, surat tercatat, atau alamat email yang diberikan oleh Pengguna Aplikasi kepada Penyedia Layanan

10. Pertanyaan dan Keluhan

Jika Pengguna Aplikasi mempunyai keluhan / komplain mengenai layanan konsultasi, Fitur Laporkan Masalah dapat diakses pada Ringkasan Konsultasi. Fitur Laporkan Masalah tersedia selama 7 hari setelah konsultasi dilakukan. Jika Pengguna Aplikasi memiliki pertanyaan tentang kebijakan ini, Pengguna Aplikasi dapat menghubungi Penyedia Layanan dengan mengirim e-mail ke ____________

11. Data Pribadi

  1. Penyedia Layanan mengumpulkan informasi yang diberikan Pengguna Aplikasi saat Pengguna Aplikasi membuat akun, mengirimkan surat elektronik kepada Penyedia Layanan atau meletakkan informasi atau konten lain di Aplikasi Transmedika. Informasi mengenai identitas diri yang wajib diisi oleh Pengguna Aplikasi saat membuat Akun pada Aplikasi Transmedika adalah:

    • a. Nama lengkap sesuai kartu identitas yang berlaku (KTP atau Paspor);
    • b. Tempat dan tanggal lahir (KTP atau Paspor);
    • c. Alamat surat elektronik/e-mail;
    • d. Nomor Telepon Genggam;
    • e. Jenis Kelamin;
    • f. Tinggi Badan dan;
    • g. Berat Badan.

  2. Penyedia Layanan berhak mengumpulkan informasi ketika Pengguna Aplikasi menggunakan Aplikasi Transmedika, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

    • a. lokasi/koordinat GPS (jika Pengguna Aplikasi mengaktifkan fitur ini);
    • b. Internet Protocol (IP) address (jika menggunakan browser);
    • c. Sistem operasi;
    • d. jenis browser;
    • e. alamat APLIKASI yang merujuk dan aktivitas Pengguna Aplikasi di APLIKASI.

  3. Pengguna Aplikasi dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan pengenalan lokasi saat Pengguna Aplikasi menggunakan Aplikasi Transmedika. Penyedia Layanan berhak melakukan verifikasi langsung kepada Pengguna Aplikasi atas informasi mengenai data diri yang telah disampaikan Pengguna Aplikasi melalui Aplikasi Transmedika. Dengan menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi menjamin bahwa informasi yang diberikan adalah akurat dan benar. Apabila informasi yang Pengguna Aplikasi berikan tersebut ternyata tidak benar, maka Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian informasi dari Pengguna Aplikasi yang tidak benar tersebut.

12. Data Pengunjung

  1. Aplikasi Transmedika akan mengumpulkan informasi tentang Pengguna Aplikasi, seperti jumlah kunjungan, sumber pengunjung dan aktivitas pengunjung. Data ini dikumpulkan dengan tujuan meningkatkan kenyamanan Pengguna Aplikasi serta pelayanan Penyedia Layanan.

  2. Dengan menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi dianggap telah menyetujui untuk mengizinkan pihak ketiga menggunakan data Pengguna Aplikasi mengenai jasa yang Pengguna Aplikasi perlukan. Pihak ketiga tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada Asuransi Pengguna Aplikasi yang akan membutuhkan bukti pelayanan yang telah diberikan dan/atau sebuah laporan medis sebelum dilakukan pembayaran kepada Aplikasi Transmedika.

  3. Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atas konten pada Aplikasi pihak ketiga, termasuk dampak yang ditimbulkan akibat mengakses Aplikasi pihak ketiga bila pada Aplikasi Layanan terdapat tautan ke aplikasi lain yang dicantumkan oleh Penyedia Layanan. Namun, ketika Pengguna Aplikasi menggunakan tautan-tautan tersebut, Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab untuk melindungi privasi dan informasi apapun yang Pengguna Aplikasi berikan ke aplikasi tersebut.

  4. Pengguna Aplikasi harus mempelajari dan membaca dengan hati-hati kebijakan penanganan informasi pribadi yang berlaku di Aplikasi pihak ketiga tersebut tersebut. Untuk keperluan transaksi pembayaran, Pengguna Aplikasi akan terkoneksi ke Aplikasi yang dikelola oleh pihak Jalur Pembayaran (Payment Gateway) yang telah ditunjuk oleh Penyedia Layanan. Penyedia Layanan menjamin perlindungan atas informasi yang Pengguna Aplikasi berikan untuk keperluan transaksi pembayaran tersebut.

13. Penghapusan Data Pribadi

  1. Jika Pengguna Aplikasi tidak lagi menjadi pengguna di Aplikasi Transmedika, maka Data Pribadi Pengguna akan disimpan selama paling singkat 5 tahun sesuai dengan peraturan yang perundang-undang yang berlaku dan terhitung sejak tanggal terakhir Pengguna Aplikasi tidak lagi menjadi pengguna di Aplikasi Transmedika.

  2. Data Pribadi Pengguna Aplikasi dalam Aplikasi Transmedika dapat dihapuskan kecuali Data Pribadi tersebut masih akan dipergunakan atau dimanfaatkan sesuai dengan tujuan awal perolehan dan pengumpulannya.

  3. Pengguna Aplikasi dapat meminta atau mengajukan penghapusan data pribadinya setelah sudah tidak menggunakan Aplikasi Transmedika. Permintaan tersebut diajukan secara tertulis ke Penyedia Layanan dan dalam surat permintaan tersebut memuat sekurang-kurangnya pernyataan penghapusan, alasan penghapusan, dan ditandatangani di bawah materai.

  4. Permintaan Penghapusan Data Pribadi tidak bisa diwakilkan kecuali dalam keadaan tertentu yang harus dipertimbangakan terlebih dahulu oleh Penyedia Layanan.

14. Tanggung Jawab Pengguna Aplikasi

Pengguna Aplikasi memahami bahwa Penyedia Layanan hanyalah penyedia layanan aplikasi yang bertujuan memberi kenyamanan dan kemudahan kepada Pengguna Aplikasi dalam melakukan konsultasi dengan Dokter di Transmedika maka setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam percakapan yang dilakukan oleh Pengguna Aplikasi dengan Dokter di Transmedika dalam menggunakan fasilitas tersebut, adalah percakapan pribadi antara Pengguna Aplikasi dengan Dokter di Transmedika dan jelas diluar kuasa kendali Penyedia Layanan, maka apabila di kemudian hari muncul permasalahan ndus mengenai isi dan/atau pernyataan-pernyataan dari percakapan antara Pengguna Aplikasi dengan Dokter di Transmedika dalam fasilitas tersebut, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna Aplikasi dan Pengguna Aplikasi membebaskan Penyedia Layanan dari segala tuntutan, dakwaan dan akibat ndus yang ada.

15. Upaya Pengamanan

Penyedia Layanan berkomitmen untuk memastikan bahwa informasi yang Pengguna Aplikasi berikan kepada Penyedia Layanan aman dan tidak dapat digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan Aplikasi Transmedika, Pengguna Aplikasi mengizinkan Penyedia Layanan untuk melakukan segala tindakan yang dianggap perlu untuk melindungi informasi Pengguna Aplikasi yang dikumpulkan oleh Penyedia Layanan secara online/daring untuk mencegah akses tidak sah. Penyedia Layanan akan menyimpan data pribadi Pengguna Aplikasi dalam server database Penyedia Layanan, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk memberikan perlindungan maksimal dari penyalahgunaan atau penghilangan data pribadi Pengguna Aplikasi.

16. Keadaan Kahar

Adalah setiap penyebab yang berada di luar kendali sewajarnya dari salah satu pihak yang memengaruhi pelaksanaan oleh pihak tersebut atas kewajiban berdasarkan PERJANJIAN ini, namun tidak terbatas pada, bencana alam, kerusuhan atau huruhara sipil, perang atau operasi militer, keadaan darurat nasional atau ndus, tindakan atau pengabaian dari pemerintah, sengketa ndustry, kebakaran, banjir, petir, ledakan, penurunan permukaan tanah, cuaca buruk dan tindakan atau atau pengabaian dari orang atau badan yang berada di luar kendali sewajarnya dari masing-masing pihak.

17. Penutup

  1. Hubungan Penyedia Layanan dengan Pengguna Aplikasi merupakan suatu hubungan independen dan tidak memiliki hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan dibuat atau dibuat dengan adanya PERJANJIAN ini.

  2. Judul di dalam PERJANJIAN ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam pasal tersebut. “Penyedia Layanan” memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut hak Penyedia Layanan untuk setiap pelanggaran atas PERJANJIAN ini sepanjang yang dimungkinkan dan diperkenankan oleh hukum.

  3. Pengguna Aplikasi dengan ini mengakui bahwa Penyedia Layanan memiliki hak untuk memonitor akses "Pengguna Aplikasi" dan situs dan APLIKASI untuk memastikan kepatuhan dengan PERJANJIAN ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.